Ga Naik Kok, Cuma Disesuaikan!

Rabu, September 30

Sudah merasakan kenaikan tarif tol yang mulai berlaku Senin, 28 September 2009 kemarin? Saya belum, karena memang tidak punya mobil. Tapi sebagai pengguna kendaraan umum, bisa jadi saya ikut kena dampaknya. Kalau naik taksi, lewat tol, jelas, saya harus bayar sesuai tarif tol baru. Nah, kalau naik bis, bagaimana? Ya, bisa kena juga. Kalau bis tersebut masuk tol, biasanya si kenek minta ongkos lebih. Alasannya, "Masuk tol, Mas..!" Asem!

illustration, freeway, traffic jam, tarif toltarif naik wajib, perbaikan mutu pelayanan ga wajib

Kenaikan rutin seperti ini memang harus diterima. Tidak bisa protes (baca: bisa protes tapi percuma, buang-buang waktu & tenaga!). Alasannya, karena hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang.
Menurut Undang-Undang Jalan Nomor 38 Tahun 2004, ”... penyesuaian tarif tol tiap dua tahun ... didasarkan tarif lama, yang disesuaikan dengan kenaikan tingkat inflasi....”
Tanpa kenaikan tarif, dana pemeliharaan berkurang sebab pemasukan dari pengguna tetap
Demi keadilan, tentu kenaikan tarif mesti diimbangi pemenuhan standar pelayanan minimum (SPM). Ada pagar tol, permukaan jalan, jumlah maksimal lubang, serta peningkatan kecepatan transaksi rata-rata.
(baca lengkapnya di sini)

Nah, mengenai SPM ini pun pastinya masih mengecewakan. Atau mungkin karena standar minimumnya itu. Ibaratnya, Jasa Marga punya nilai raport rata-rata 6. Pemerintah selaku 'orang tua' bilang, "Tidak apa-apa deh nilai rata-ratanya 6, asal tidak merah!" Dibilang seperti itu, berpuas dirilah si Jasa Marga yang manja ini. Bah! Kalau demikian, kita usulkan saja SPM tadi diganti menjadi Standar Pelayanan Plus-Plus. Biar ada peningkatan, gitu loh!

Ok, katakanlah kenaikan tarif itu diperlukan antara lain untuk biaya pemeliharaan. Kalau jalan tol rusak karena dana pemeliharaan minim, harga saham pun anjlok karena industri tol kehilangan kepercayaan investor dalam dan luar negeri, bla bla bla bla... Tapi yaa, tolong, jangan jadikan rakyat pengguna jalan tol seperti sapi perahan yang harus ikut bertanggung jawab jika industri tol ini ambruk, tanpa diperhatikan suara dan kenyamanannya. Kayak bis umum aja. Penumpang sudah seperti sarden, masih disuruh rapat sana miring sini. Tidak peduli penumpang nyaman atau tidak, yang penting bayar penuh! Kejar setoran! Memangnya pemerintah lebih keberatan kehilangan kepercayaan investor daripada kehilangan kepercayaan rakyat?

Satu lagi, kalau Undang-Undang kenaikan tarif itu ada, kok, Undang-Undang yang berisi sanksi bagi operator jalan tol yang buruk atau nakal, tidak ada? Alasannya pasti satu, ngga mau rugiii...

Andreas & Petrus

[+/-] Selengkapnya...

Ahh, Miyabi...

Selasa, September 29

Hayoo...pembaca (cowok), yang belum pernah melihat 'aksi' Miyabi atau Maria Ozawa, angkat tangan! Hehe... Anda bakal punya kesempatan melihat si cantik ini jauh lebih dekat dan live! Tapi, ini baru kemungkinan. Kalau jadi. Sebabnya, meskipun kedatangannya ke Indonesia atas undangan salah satu rumah produksi yang berencana membuat sebuah film dengan sentral cerita dirinya sendiri, namun banyak pihak termasuk MUI, yang menolak kehadiran Miyabi di Indonesia dengan alasan bisa merusak citra Indonesia di mata dunia. Loh??

Saya tidak habis pikir, apa hubungan kedatangan bintang film porno (yang mau membintangi film non porno) dengan citra negara? Meskipun saat ini negara kita, Indonesia, mempunyai citra yang buruk di mata dunia (negara koruplah, negara terorislah, pengekspor TKWlah, bla bla bla bla...), tapi saya tetap tidak percaya bahwa citra negara ini menjadi lebih buruk dengan kedatangan seorang Miyabi! Serentan itukah?


illustration, miyabi, maria ozawa, indonesia, menculik miyabi

Kalau kenyataannya, Miyabi datang untuk membangkitkan gairah (dan syahwat) industri film porno di Indonesia, saya pasti ikut menentang, walaupun saya penikmat 'aksi'nya di film. Alasannya jelas, moral bangsa khususnya anak-anak. Kalau saya, memilih 'rusak' sendiri. Ga mau ajak-ajak yang lain. He he he...

Kita bisa berdebat panjang lebar soal moral yang benar, tapi maksud saya, ayolah... apakah kita tidak bisa melihat manusia sebagai manusia? Bintang porno juga manusia, kan? Apa bisa, kita tidak sekedar melihat latar belakang, agama, budaya, golongan, profesi, dan lain-lain. Bisakah kita tidak berprasangka buruk. Citra Indonesia yang dikenal di mata dunia adalah keramahtamahannya. Mudah-mudahan sampai sekarang masih. Keramahtamahanlah yang membuat kita bermartabat. Bukan prasangka buruk. Apalagi sampai bertindak berlebihan alias over acting. Kalau pada dasarnya kita kuat, tahan godaan, mewarisi nilai luhur bangsa ini ( maksudnya bukan sok suci tapi, ramah, bersahabat, tolong menolong, saling hormat, de el el...), punya prinsip moral yang teguh (maksudnya, antara perkataan dan tindakan, sejalan loh...), saya percaya, tanpa berkhotbah pun, orang lain akan tahu dan menghormati kita.

Contoh lain, ada ga sih artis panas Indonesia yang sekarang 'bertobat'? Ada. Banyak juga. Tidak usah disebut, ya? Yang biasa jadi penikmat aksi mereka pasti tahu. Yang belum tahu, ya, tidak usah tahu. Tidak ada pengaruhnya toh, he he he...
Artinya tiap orang, kan, bisa berubah jika diberi waktu dan kesempatan. Pelaku bom saja minta masuk surga. Para koruptor & politisi kotor negara ini juga. Penyebab bencana lumpur lapindo saja masih tenang-tenang. Masa, Miyabi, Dewi Perssik, mba Inul (dan Inul-Inul lainnya) tidak dapat kesempatan menjadi lebih baik? Daripada kita meremehkan diri sendiri, menakut-nakuti diri dengan sesuatu yang tidak jelas akan hal-hal yang akan datang, lebih baik kita memberikan ketulusan di hari ini. Yuuuuu... 


Andreas & Petrus
 

[+/-] Selengkapnya...

Antara Pemerintah, KPK, dan Koruptor

Sabtu, September 26

KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) gonjang ganjing. Panas. Digoyang sana sini. Berawal dari skandal salah satu pimpinan KPK, Antasari Azhar, cerita lalu meluas. Kesempatan ini nampaknya tidak disia-siakan oleh mereka yang selama ini mungkin gerah dengan keberadaan KPK. Ada baiknya teman membaca dulu kolom Pak Bersihar Lubis di sini. Saya sependapat mengenai masalah bias hubungan antara oknum dan lembaga. Persoalannya adalah jika masalah ini sengaja dibias-biaskan oleh pihak-pihak yang 'gerah' tadi apalagi jika mereka punya kuasa.

charicature, KPK, korupsi, illustration, karikatur

Hal ini nampaknya makin runyam -tapi disambut baik oleh si pihak gerah- ketika SBY berinisiatif mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) penunjukan Pelaksana Tugas (PLT) pimpinan KPK. Hal tersebut segera mendapat tanggapan keras baik dari KPK sendiri juga dari -antara lain- Indonesia Corruption Watch (ICW), tentunya dengan berbagai alasan dan pertimbangan. (pToe!)

charicature, KPK, korupsi, illustration, karikatur

[+/-] Selengkapnya...

Cuci Otak

Kamis, September 24

Kalau ada orang pikirannya kotor, atau ngeres (porno melulu) perlu dibersihkan, bukan dicuci. Karena cuci otak (brain wash) mengacu pada pengisian otak. Idiom ini dulu populer dalam kegiatan mata-mata, juga digunakan para rezim otoriter seluruh dunia.
Sekarang cuci otak sudah menjalar ke banyak aspek kehidupan. Agama, sekte, kelompok ekstrim, perusahaan dan usaha niaga gunakan teknik cuci otak untuk capai tujuan.

Cuci otak itu proses memasukkan pengaruh, gagasan atau faham (isme) tertentu ke dalam otak manusia, dilakukan dengan perangsangan (stimulasi) menggunakan bahasa, kata-kata atau cara-cara lain secara terus-menerus sampai tetrpatri dalam benak manusia, diyakini secara teguh, bahkan sering jadi keyakinan mutlak (absolut). Jadi isi otak yang lama dibuang, diganti ide baru, bisa positif, bisa negatif. Soal baik buruknya cuci otak saya tidak mau ajari Anda dalam menilai. (Anda kan udah gedhe… tau sendiri mana yang baik, mana yang buruk, he he he he

illustration, brainwash, cuci otak, toys, puppet

Orang yang sudah dicuci otaknya bisa punya keyakinan mutlak terhadap suatu faham (isme) dan menganggapnya sebagai kebenaran yang tak tersangkal. (kalau dipikir-pikir agama juga kayak gitu!) Biasanya mereka norak dan berlebihan. Bahkan pernah ada orang yang akan dihukum mati karena membunuh banyak orang dengan bom sesumbar: saya akan mati sahid, masuk surga, di sambut bidadari. Bukan main! Ia tak hanya siap membawa isi otaknya, tapi juga nafsu birahinya ke akherat!

Sehari-hari ribuan iklan mencoba mencuci otak kita. Meyakinkan kita tentang produk tertentu sebagai yang paling baik dan produk lain jelek. Ada juga orang yang karena iklan alergi jika pakai produk yang tidak sesuai iklan. Yang lucu adalah orang-orang yang ikut MLM (Multi Level Marketing), banyak dari mereka tampil begitu norak, terlalu berlebihan,sikapnya meluap-luap dan marah kalau tidak ditanggapi, tidak peduli ruang dan konteks waktu… Saya bukan anti MLM, saya yakin banyak hal positif dari MLM, tapi, ketika orang yang tidak ikut MLM tertentu dianggap tak punya pikiran positif, (Karena kepentingannya tak didukung), disitulah mulai dirasakan bukti pemaksaan kehendak dari pihak satu ke pihak yang lain.(ala teroris) Maka saya anti sikap-sikap semacam itu. Bukan anti MLM lho!

Cukup sulit memilah-milah perkara ini. Pengalaman pribadi saya (pernah ikut 7 macam MLM) mengajarkan bahwa saya harus tetap bersikap dan berpikir positif, tanpa harus kehilangan martabat dan harga diri serta keteguhan pribadi. Banyak hal baik tapi tidak semua saya pilih. Sehebat apapun orang tawarkan kebaikan itu, saya terima sebagai masukan. Tapi soal memilih itu hak saya yang tak akan dirampas siapapun.

Biasanya hal-hal baik itu bersifat membangun, tidak merusak, juga meningkatkan harkat dan martabat, harga diri, tanpa harus kehilangan sikap wajar dan normal…… tidak memaksa secara halus atau kasar.

Awas! Hati-hati, saya sedang mencoba mencuci otak Anda... He he he he.

(andresuwarjo@yahoo.com)

[+/-] Selengkapnya...

Puzzle Yang Tak Selesai

Selasa, September 22

Suatu hari aku bermimpi. Dalam mimpi, di depanku ada sebuah puzzle sederhana yang tak bisa kuselesaikan. Setiap aku mengambil sekeping puzzle untuk kupasangkan di tempatnya, keping itu seketika berubah bentuk. Aku ambil keping bulat. Ketika akan dipasangkan, ia berubah menjadi oval. Aku coba lagi mengambil sebentuk segi empat. Lagi-lagi, ia berubah rupa sehingga rasanya mustahil aku menyelesaikan puzzle tersebut. Aku terus mencoba namun gagal terus.
Aku begitu putus asa hingga akhirnya menyerah dan membiarkan saja keping-keping puzzlenya terserak. Lalu, perasaan kalah membuatku terbangun. Lesu. Tak kuingat lagi detil mimpi itu. Hanya jejak misterinya yang masih kucium. Di alam sadarku, aku menggigil ketakutan. Menyadari...bahwa diriku tak utuh lagi.

tragedi WTC 9/11
9/11, World Trade Center 9/11, World Trade Center

9/11, World Trade Center 9/11, World Trade Center

9/11, World Trade Center 9/11, World Trade Center

9/11, World Trade Center tragedi, bom

tragedi bom Bali & Jakarta
tragedi, bom tragedi, bom

Bencana Tsunami Aceh
bencana, tsunami bencana, tsunami

sumber: World Trade Center Health Registry
foto tragedi 9/11: James Nachtwey for TIME


(pToe!)

[+/-] Selengkapnya...

Trauma

Senin, September 21

Di tengah kebingungan mau menulis apa, saya teringat satu peristiwa tragis dunia di bulan ini, 8 tahun lalu. New York, 9 September 2001, Selasa pagi. Satu kejap peristiwa yang membuat dunia terhenyak dan menderita trauma panjang bahkan bagi mereka yang tidak menjadi korban secara langsung. Penderitaan secara fisik mungkin terbilang. Penderitaan mental & kejiwaan, jauh lebih dahsyat.
Data hasil survey kesehatan dari 46.000 orang lebih di tahun 2003-2004 menunjukkan 'hanya' 14% yang mengalami gangguan kesehatan terkait trauma tadi. Gangguan tadi antara lain bisa berupa asma, susah tidur, phobia, atau mendadak stress tanpa alasan yang jelas. 3 tahun sesudahnya, hasil survey mengatakan, penderita gangguan k esehatan terkait trauma 9/11 meningkat menjadi 19%! Setengah dari penderita mengatakan mereka tidak menjalani perawatan khusus di tahun-tahun sebelumnya.

Pada 26 Desember 2004 lalu, Aceh dan sekitarnya luluh lantak oleh tsunami yang terjadi akibat gempa dahsyat berkekuatan 8.9 Skala Richter (SR) di Samudra Hindia, lepas pantai Aceh dan menewaskan lebih dari 190.000 jiwa (itu baru orang, belum termasuk hewan dan tanaman!). Hingga saat ini, masih banyak dari korban yang selamat, menangis atau histeris ketika mendengar kata, tsunami.

Menghadapi mereka yang menjadi korban atau menderita trauma berat seperti ini pastilah bukan perkara yang mudah. Kita bisa bersimpati, tapi apakah itu cukup bila yang menjadi korban adalah orang yang dekat dan kita kasihi? Ketika mereka menangis pedih atau diam dengan tatapan kosong di depan mata kita? Alih-alih segera memberi nasehat "Sabar ya...", "Kamu harus tabah.", "Kamu kuat, kamu bisa melalui ini.", atau kata-kata hiburan lain (setidaknya kita berharap kata-kata itu bisa menghibur), lidah saya lebih sering kelu.

Film "Fragments" (alias "Winged Creatures", berdasar novel karangan Roy Freirich dengan judul yang sama), dibintangi oleh Kate Beckinsale, Forest Whitaker, Guy Pearce, Dakota Fanning & Jennifer Hudson), menjadi salah satu sarana bagi saya belajar berempati. Berharap semoga saya bisa bersikap lebih baik & berkata-kata yang tepat kepada jiwa yang sedang terguncang. Meskipun film yang hanya beredar dalam format DVD ini secara kualitas berada di bawah film setipikal "Crash" (Don Cheadle, Sandra Bullock, Matt Dillon), namun tema dan para pemainnya, membuat saya tidak berpikir kepanjangan.
Sedikit review, film ini diawali dengan kejadian yang sangat mengejutkan di sebuah kafe yang cukup ramai namun tenang, ketika tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas (maksudnya benar-benar tidak jelas karena sampai akhir cerita kita tidak tahu siapa dan apa motif si pembunuh!) seseorang masuk dan menembaki para tamu kafe. Cerita bergulir dari 5 orang yang selamat dari insiden tadi. 4 orang berada di tempat kejadian saat insiden, 1 lainnya tidak. Satu orang ini, Bruce Laraby (Guy Pearce), seorang dokter ruang gawat darurat, kebetulan meninggalkan kafe hanya sesaat sebelum kejadian. Namun belakangan dia menyadari bahwa dialah orang yang membukakan pintu untuk si pembunuh ketika hendak keluar meninggalkan kafe. Hal ini membuat mental & jiwanya terguncang, cukup untuk melahirkan obsesi aneh dalam dirinya. Lebih jauh, ia bereksperimen dengan meracuni istrinya lalu menyembuhkannya, berulang-ulang, berharap dengan begitu ia bisa memaafkan dirinya sendiri. Hal yang sama terjadi pada 4 korban lainnya dalam versi yang berbeda. Ada yang menutup dirinya bahkan membisu, ada yang menjadi sangat egois dan haus perhatian, ada yang hidup dalam realitasnya sendiri karena menolak realitas sesungguhnya, dan ada yang menjadi seperti orang linglung dan terus mencoba batas peruntungannya. Mereka begitu terguncang -bahkan tanpa mereka sadari- hingga kehilangan akal dan arah.

Beberapa film lain bertema (hampir) sama yang saya rekomendasikan: Born On The 4th Of July (Tom Cruise), Home Of The Brave (Samuel L. Jackson, Jessica Biel), The Brave One (Jodie Foster).

Trauma fisik bisa kita antisipasi & hindari. Lain halnya dengan trauma mental-jiwa. Trauma bisa berdampak berbeda buat setiap orang. Trauma bisa menyeret sebagian bahkan keseluruhan hidup seseorang hingga orang tersebut menjadi pribadi yang berbeda. Trauma itu, menular. Tapi, ia bukanlah sesuatu yang tak tersembuhkan. Terapi yang tepat dan teratur bisa menyembuhkan. Terapi sederhana seperti meditasi, doa, musik, menulis bahkan games pun bisa membantu banyak. Just don't give up.

(doa orang benar yang dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya)

(pToe!)

[+/-] Selengkapnya...

Naga Cilik

Minggu, September 20

Petinju kebanggaan Indonesia, Chris "The Dragon" John berhasil mempertahankan gelar juara kelas bulu versi WBA setelah menang angka telak 114-113, 119-109 and 117-111 atas petinju Amerika Rocky Juarez di MGM Grand Arena, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Sabtu (19/9) atau Minggu pagi WIB.
Dengan demikian Chris John kini telah membukukan 43 kali kemenangan -di antaranya 22 KO- dan dua kali seri plus berhasil mempertahankan kesederhanaan, sikap rendah hati, kerja keras dan pantang menyerah. Hebat!

charicature,karikatur,chris john,indonesian boxing,WBA champion

[+/-] Selengkapnya...

Ketika Ulang Tahun

Jumat, September 18

Setiap tahun saat tanggal kelahiran Anda tiba, apa yang terjadi? Ada kombinasi yang aneh. Salah satu sisi bersyukur masih diberi hidup, sisi lain kesadaran (kalau punya kesadaran lho!) bahwa jatah waktu hidup kian berkurang. Makin berpengalaman seseorang, makin berkurang kesempatan hidup. Semua pengalaman berharga itu ditebus dengan ongkos termahal, yakni waktu.

Dulu (dulu banget), umur manusia rata-rata tinggi. Bisa mencapai usia lebih dari seabad adalah biasa. Terus merosot turun pencapaian rata-rata umur manusia dalam interval 10 tahun. Dari 120 tahun jadi 110, 100, 90, 80, 70, maksudnya, munkin saja sekarang masih ada orang yang capai umur di atas rata-rata, tapi umumnya sekarang banyak ditemukan umur 60 saja banyak orang sudah reot, rentan, sakit-sakitan. Pernah ada ramalan nanti manusia disebut usia lanjut (manula) pada usia 40 tahun!

Menjadi tua berarti fungsi organ tubuh mulai merosot, kemampuan menurun, tapi biasanya nafsu dan keinginan bertambah, he he he he (nggak semua lho!) Saya banyak ketemu orang-orang tua yang membosankan, karena ngotot melihat banyak hal-hal dari sudut pandangannya sendiri berdasarkan pengalaman masa lalu. Tidak sadar waktu merubah situasi. Tapi saya lantas cepat memaaafkan mereka, karena Anda dan saya akan tumbuh menua, he he he he semoga kita tak jadi orang yang membosankan.

Seribu orang tua bermimpi masa depan, seorang muda merubah masa depan ( Ini kata-kata seorang filsuf Jerman yang namanya sengaja dirahasiakan) Ia katakan ini ketika putrinya memberinya seorang cucu. Ada kesadaran realita di sana, sekaligus bernada sendunya ketidakberdayaan insan hadapi waktu. Sehebat apapun manusia tak ada yang bisa melawan sang waktu. Keriput kulit dioperasi, ketuaan disiasati, tapi matahari tak bisa distop, Kita makin tua dan akan pasti mampus!

Tapi puncak kebijaksanaan manusia adalah berusaha dan berharap, jadi, bolehlah (dan memang sebaiknya) berusaha hidup sehat supaya panjang umur, Aneh juga, banyak orang ingin berumur panjang tapi malas disebut tua, he he he he Banyak sekali resep umur panjang. Beberapa resep itu saya ingatkan: jangan banyak stress dan kecemasan, konsumsi makanan dan sex secara sehat (ini relative lho). Terus cintailah humor. Empat hal ini terbukti banyak memperpanjang umur. Cara-cara atau kiat lain carilah sendiri.

Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa adalah pilihan. Ingat, satu tindakan lebih efektif dari seribu pemikiran. Bukan berarti pemikiran itu tiada guna, tapi umumnya orang kebanyakan mikir tapi kurang atau tak bertindak. Ketika kita ulang tahun tiba, inilah momen penting untuk berubah, ini adalah saatnya bertindak: jadi dewasa, minimal lebih dewasa (saya nggak ngguruin lho, Cuma ngajarin, he he he he…)

(andresuwarjo@yahoo.com)

[+/-] Selengkapnya...

Sebuah Rekomendasi Meraih Mimpi

Minggu, September 13

Enaknya memiliki blog sendiri seperti ini adalah saya bisa belajar menulis banyak hal. Kali ini saya mencoba menulis review atau merekomendasikan beberapa film yang semoga bisa memperkaya teman-teman. Ok, sembari belajar, simak saja beberapa rekomendasi berikut:

3d movie, meraih mimpi, sing to the dawn
Meraih Mimpi
Sutradara : Phil Mohamad Mitchell
Penulis : Philip Stamp, Nia Dinata
Pemain : Gita Gutawa, Patton ‘idola Cilik’, Uli Herdinansyah, Surya Saputra, Shanty, Cut Mini

Satu-satunya alasan saya merekomendasikan film ini adalah karena ini adalah film animasi 3D Indonesia! Proficiat!
Film ini awalnya berjudul "Sing To The Dawn" yang diadaptasi dari buku karya Minfong Ho dengan judul yang sama. Bercerita tentang kakak beradik yang berusaha melindungi tempat tinggal mereka dari kontraktor penipu. Film ini juga mengajarkan anak-anak untuk mencintai binatang dan lingkungan dan tak berhenti bermimpi dan berjuang.

Diproduksi oleh Infinite Frameworks (IFW), studio animasi yang berpusat Turi Beach Resort Batam, Indonesia selama tiga tahun dan memakan biaya sebesar 5 juta dollar AS. Hampir seluruh animator yang mengerjakan proyek ini adalah orang Indonesia.
Film Sing to The Dawn selesai dibuat pada tahun 2008, dan mulai didistribusikan ke berbagai negara mulai dari Singapura, Korea, dan Rusia. Sing to The Dawn tidak langsung diluncurkan ke Indonesia karena Infinite Frameworks ingin memperkenalkan Sing to The Dawn ke penonton luar terlebih dahulu.
Sing to The Dawn baru dilokalisasi ke dalam versi Indonesia pada tahun ini dengan judul Meraih Mimpi. Nia Dinata direkrut untuk membantu proses script writing dan Erwin Gutawa diminta langsung untuk mengkomposisi ulang musik yang akan mengiringi film.
3d movie, meraih mimpi, sing to the dawn 3d movie, meraih mimpi, sing to the dawn


movie, last chance harvey, dustin hoffman, emma thompson
Last Chance Harvey
Sutradara & Penulis : Joel Hopkins
Pemain: Dustin Hoffman, Emma Thompson, Kathy Baker, James Brolin, Eillen Atkins

Buat kamu yang menyukai drama komedi romantis, agak satir mungkin, simpel tapi tidak biasa, mungkin ini film yang kamu cari. Dua nama pemeran utama film ini juga bisa menjadi jaminan ke"tidak biasa"an itu. Dustin Hoffman & Emma Thompson keduanya pemain watak peraih Oscar. Ceritanya mengalir dengan fokus pada kehidupan cinta 2 orang yang memasuki usia paruh baya. Cinta justru mempertemukan keduanya di saat mereka merasa sudah kehilangan semuanya. Menonton film ini mengingatkan saya akan film "Before Sunrise" yang dibintangi Ethan Hawke & Julie Delpy.


movie, inglorious basterds, brad pitt, quentin tarantino
Inglorious Basterds
Sutradara & Penulis: Quentin Tarantino
Pemain: Brad Pitt, Eli Roth, Christoph Waltz, Til Schweiger, Harvey Keitel, Mélanie Laurent, Diane Kruger

Brad Pitt beradu akting lagi dengan Diane Kruger setelah sebelumnya bertemu di "Troy". Kali ini lebih mungkin intim. Mengambil setting Perang Dunia II, "The Basterds", merupakan satu grup tentara Yahudi-Amerika pimpinan Lt. Aldo Raine (Pitt) yang sengaja dibentuk untuk menyebar teror dan membunuhi secara brutal pasukan Jerman. Suatu hari "The Basterds" bertemu dengan Shosanna Dreyfus seorang wanita keturunan Yahudi-Perancis yang menjadi buronan Nazi karena ia saksi dari pembantaian tentara Nazi atas keluarganya. Mereka lalu bekerjasama menuntaskan dendam atas kekejaman tentara Jerman.
Hal lain yang membuat film ini layak ditonton adalah sang sutradara Quentin Tarantino (Pulp Fiction, Rock n Rolla). Sebuah nama yang menjadi jaminan kualitas sebuah film.


movie, twilight new moon, kristen stewart, robert pattinson
Twilight Saga: New Moon
Sutradara: Chris Weitz
Pemain: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner, Ashley Greene

Ah, mungkin ini film yang paling ditunggu jutaan penonton di seluruh dunia. Film vampir yang paling dinanti para wanita dan ABG. Eits, bukan masalah gender nih. Sebabnya, selain karena novel jalinan Stephanie Meyer ini sudah terlebih dulu menjadi best seller plus film sebelumnya "Twilight", sukses menjadi Box Office di seluruh dunia, film ini memang fully romantis, jauh dari kesan horror tipikal film vampir atau werewolf, apalagi sampai berdarah-darah. Kisah percintaan antara manusia Bella Swan (Kristen Stewart) dengan vampir Edward Cullen (Robert Pattinson) ini masih menjadi magnet yang kuat. Bumbu baru dalam film sekuel ini adalah kisah cinta segitiga antara Bella, Edward, dan Jacob Black (Taylor Lautner) -werewolf- yang hadir dalam kehidupan Bella disaat Edward jauh. Alice Cullen (Ashley Greene), vampir yang cemburu menjadi ancaman baru bagi Bella. Tertarik? Tahan sampai 20 November 2009 ya...

(pToe!)

[+/-] Selengkapnya...

Ciput: Duel The Master

Kamis, September 10

Dua orang Master Magician ternama Indonesia menemui lawan tangguh! Kedua pesulap; Deddy Corbuzier (Master Mentalis) dan Romy Rafael (Master Hipnotis) yang sama-sama berperan penting dalam memajukan dunia sulap Indonesia kali ini harus membuktikan kehebatan mereka di hadapan seorang pesulap cilik... Master Ciput!
Bagaimana hasilnya? silakan teruskan membaca...

strip comic,komik strip,ciput,the master,deddy corbuzier,romy rafael

[+/-] Selengkapnya...

Klenik

Rabu, September 9

Ada teman pernah nanya apakah saya percaya pada santet? Saya jawab ya, saya percaya.
Sebagai pengalaman pribadi mungkin tidak terlalu nyata, tapi sebagai pengalaman orang-orang sekitar jadi fakta adanya santet. Artinya mungkin juga saya pernah disantet, tapi karena hobiku tertawa santetnya mental, ha ha ha ha. Konon orang yang lucu atau suka melucu, juga banyak ketawa sulit disantet.
illustration, klenik, santet, supernatural
Teman lain tanya pernahkah saya lihat hantu? Sering, jawabku. Ketika orang2 cemberut (mungkin kekurangan duit atau nafsu tak tersalur) nampak olehku sebagai hantu! Kalau soal jin, setan, gendruwo, thuyul, kuntilanak, pocong aku percaya, tapi aku tak berminat membuktikan atau mempelajarinya, kurang kerjaan aja, he he he he. Saya pasti bukan ahli dalam soal-soal ini!

Terus, kalau soal muja atau pesugihan gimana? Ya itu jelas-jelas ada, walau aku tidak bisa kasih bukti. Bahkan kuasa kegelapan tidak hanya untuk cari harta, tapi juga jabatan, pengaruh, kemenangan, dan juga memikat lawan jenis, menyiksa, membunuh, menghancurkan. Itu sering disebut black magic, walau aku bingung bedakan keduanya. Kalau ada ilmu hitam berarti ada ilmu putih…. Yang abu-abu (grey magic) ada nggak ya?

Yang pasti, dunia roh, dunia yang tak kelihatan itu ada. Ini soal pilihan, di jaman susah seperti sekarang banyak orang terjerat kuasa kegelapan. Cari jalan pintas beresiko tinggi. Sembari menyadari semua itu ada, kita mestinya tidak masuk dalam lingkaran itu. Jika kita, atau keluarga dan teman dikirimi hal-hal yang mistik, tidak usah disangkal tapi juga jangan dibesar-besarkan, nanti kita makin dalam dalam lingkaran setan itu. Makin mempercayainya makin kuatlah kuasa gelap itu. Asalkan kita berkehendak baik pasti bisa diatasi. Jangan menantang, jangan sombong, tenanglah. Berdoa dan percaya.

Yang terjadi adalah yang Anda percayai, kalau Anda percaya bahwa magic akan menang ya memang akan menang, begitu pula jika Anda percaya Anda yang menang, ya Anda akan menang.

Hidup ini ibarat banyak lingkaran. Misalnya gini, walau facebook atau yahoo itu terbukti ada (walau di dunia maya) tapi kalau kita tidak sign up, tidak daftar (registrasi) ya kita tidak akan masuk lingkarannya. Black magic ada tapi boleh saja kita pilih tak masuk lingkaran magic itu. Hadapi kenyataan itu ada, tapi kalah atau menang tergantung sikap dalam menanggapi lingkaran gelap itu.

Jadi, saya tidak bermaksud meremehkan persoalan atau tidak percaya klenik, tapi saya memilih mengandalkan Raja Semesta Alam yang telah mengalahkan musuh terbesar yaitu maut. Yang datang dalam Roh dan kebenaran.
Setiap agama mengandung mistis. Tanpa itu agama ambruk. Semuanya saya pelajari tidak hanya dengan logika, tapi dengan hati, jiwa dan ruh saya. Tuhan itu Maha mistis yang tidak sama dengan klenik.


(andresuwarjo@yahoo.com)

[+/-] Selengkapnya...

What I Cannot Change

Selasa, September 8

Pada 9 October 2007, LeAnn Rimes, penyanyi pop country peraih Grammy Awards yang terkenal dengan beberapa lagu hits seperti "Blue", "How Do I Live", "You Light Up My Life", dan "I Need You" merilis album "Family". Di album ini ada satu lagu yang diyakini fans dan banyak pengamat musik pop country sebagai single terbaik selama karir musiknya.

Diinspirasi dari Serenity Prayer, lagu "What I Cannot Change" yang ditulis sendiri oleh LeAnn Rimes dan Darrel Brown bercerita tentang pengampunan, kepasrahan dan upaya untuk mencintai apa yang tidak bisa ia (manusia) ubah. Tapi ia akan mengubah apapun yang bisa diubah. Keberanian sikap dan kekuatan hati.
Musik, Lirik dan pembawaan lagu yang kuat dan menyentuh ini tanpa disadari Rimes berdampak luas khususnya pada para penggemarnya. Kemudian dalam situsnya Rimes mengundang siapa saja untuk berbagi cerita dan pengalaman pribadi mereka. Silakan klik di sini kalau kamu mau langsung melihat situsnya. Pada 14 April 2009, buku "What I Cannot Change" yang berisi kumpulan kisah-kisah tadi dirilis dan diedarkan ke publik.

"What I Cannot Change"

I know what makes me comfortable
I know what makes me tick
And when I need to get my way I know how to pour it on thick
Cream and sugar in my coffee
Right away when I awake
I face the day and pray to God I won't make the same mistakes
Oh the rest is out of my hands

Chorus :
I will learn to let go what I cannot change
I will learn to forgive what I cannot change
I will learn to love what I cannot change
But I will change, I will change
Whatever I, whenever I can

I don't know my Father
Or my Mother well enough
Seems like every time we talk we can't get past the little stuff
The pain is self inflicted
I know it's not good for my health
But it's easier to please the world than it is to please myself
Oh the rest is out of my hands

to Chorus

Right now I can't care about how everyone else will feel
I have enough hurt of my own to heal

to Chorus


Ok, sobat Jala, sebagai bonus kamu boleh download salah satu versi video clip "What I Cannot Change" yang saya unduh dari Youtube.
Enjoy your life and keep smile.

(petoe!)

[+/-] Selengkapnya...

Ciput: Manohara

Senin, September 7

Mau tahu salah satu dampak dari seringnya menonton sinetron Indonesia?

strip comic,komik strip,ciput,manohara,sinetron Indonesia

[+/-] Selengkapnya...

Short Term Memory Loss Syndrome

Minggu, September 6

Judul di atas keren ya? Pakai bahasa Inggris, dengan rasa ilmiah! Padahal itu nama sejenis penyakit/sindrom* yang menghinggapi kebanyakan orang lanjut usia. Hmm, tapi itu itu dulu. Di jaman yang serba instan, cepat, padat & sibuk 2x24 jam seperti sekarang, sindrom ini ternyata sudah meluas ke jenjang usia yang lebih muda. Tak terkecuali saya. Meskipun tidak parah, tetapi kadang sindrom yang bahasa gampangnya; cepat lupa atau lupa sesaat ini jadi mengkhawatirkan dan membuat malu! Coba bayangkan, atau mungkin kamu pernah mengalami saat lupa nama seseorang apalagi ketika berpapasan & ditegur oleh dia. Atau pagi-pagi ketika hendak beraktivitas, kamu lupa tadi sudah sikat gigi atau belum. Mungkin juga lupa syair lagu padahal sudah pegang gitar dan ujung tenggorokan sudah gatal mau nyanyi. Persis seperti lagunya Band Kuburan "Lupa-Lupa Ingat"! Kalau satu dua kali lupa seperti ini mungkin tidak mengkhawatirkan. Tapi kalau seringkali...cape deeh!

Sebenarnya lupa sesaat ini tergolong wajar menghinggapi orang muda apalagi orang tua karena sindrom lupa sesaat berbeda dengan pikun, namun jika kita tidak melatih 'stamina' otak kita, bukan tidak mungkin penyakit ini menjadi bertambah parah hingga tingkat pikun. Jadi sindrom ini tidak ada hubungannya dengan usia. Tapi... bisa juga sebenarnya kamu tidak mengidap sindrom lupa sesaat melainkan karena kamu memang kurang atau tidak memperhatikan suatu obyek/hal. Lebih jelasnya begini, ketika kamu sibuk pada suatu hal penting, fokus dan konsentrasimu tentunya lebih banyak tertuju pada hal penting yang kamu kerjakan tersebut sehingga hal-hal lainnya menjadi kurang kamu pedulikan dan resapi.

charicature,karikatur,distraction
Ada 2 tahap atau syarat agar sebuah informasi dapat terdeteksi dan tersimpan dengan sempurna di dalam otak. Tahap pertama adalah informasi itu terakomodasi dengan fokus dan perhatian yang cukup. Tahap kedua, sedikitnya 2 syaraf indera berfungsi dengan baik. Nah, kejadian sering lupa bisa saja disebabkan karena kamu kurang menangkap informasinya. Sebagai contoh, kamu mendengar orang lain mengatakan sesuatu tapi kamu tidak mendengarkan perkataan orang itu dan tidak memasukkan informasi tersebut ke dalam memori yang terdapat di dalam otak. See but not watching. Hear but not listening. Know but not known.

Beberapa Penyebab

Ada beberapa penyebab meningkatnya penderita sindrom lupa sesaat ini, antara lain

a. Faktor beban kerja yang tinggi.
b. Teknologi yang semakin canggih yang cenderung membuat orang malas memakai otot dan otaknya dengan maksimal. Pernah nonton film animasi "Wall-E"? Nah, kira-kira kayak gitu deh.
c. Adanya gangguan peredaran darah ke otak yang menyebabkan menurunnya daya ingat.

Menurunnya daya ingat seseorang bisa terjadi dikarenakan 2 hal yaitu:

a. Faktor trauma seperti kecelakaan yang menyebabkan kepala anda terbentur keras.
b. Faktor non trauma seperti keracunan (makanan & obat), narkoba, dan penyakit.

Upaya Pencegahan

Ah, bukan Jalahati kalau tidak memberikan solusi buat masalahmu. Ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan secara teratur untuk mencegah menurunnya daya ingat...
a. Teraturkan pola makan kamu dan sebisa mungkin hindari makanan instan atau junkfood. Selain minim gizi, rendah serat, dan tinggi kandungan lemaknya, makanan jenis ini juga hanya meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuhmu. Akibatnya, pada pembuluh darah timbul plak yang akan menghambat jalannya darah ke pembuluh otak. Hal ini menimbulkan kondisi di mana pasokan nutrisi ke otak menjadi berkurang, sementara aktivitas otak dituntut untuk bekerja lebih keras. Jadi, makanlah makanan yang mengandung nutrisi sehat dan cukup gizi.
b. Mulailah berolahraga secara teratur. Setidaknya jalan kaki 30 menit setiap hari.
c. Sering-sering asah otak. Main catur, mengisi Teka-Teki Silang, menghapal 2 bait puisi, dan lain-lain.
d. Kalau kamu senang main games, cobalah beberapa freegames yang bisa kamu download di bawah ini (bebas virus & spam):

* games tebak kartu dari divine kids pelopor game indonesia.
* eiditic games untuk melatih ingatan akan gambar, warna, posisi dan pasangan suatu obyek.
* davinci games untuk melatih mata & ingatan kamu akan posisi & bentuk obyek abstrak. Kamu bisa atur tingkat kesulitannya.
* mnemonic games merupakan permainan matematika kata-kata, sequen untuk mengasah kecerdasanmu. Kalau lulus, bukan tidak mungkin kamu bisa menghapal 15 digit nomor dengan sekali lihat!

Lalu, bagaimana mengatasi sindrom ini dalam kegiatan sehari-hari? Hmm, coba tips ini.

* Bawalah atau sediakan post-it di meja untuk menuliskan tugas-tugas penting ketika tugas itu didelegasikan kepadamu, dan tempelkan di tempat yang langsung terlihat oleh matamu.
* Gunakan fasilitas outlook pada komputer sebagai reminder untuk jadwal meeting dan deadline kamu.
* Sebelum terlelap di malam hari, sempatkan diri membaca kembali inbox message pada handphone untuk mengecek apakah ada pesan penting menyangkut pekerjaan.
* Persiapkan pada malam sebelumnya semua hal yang akan anda bawa esok hari ke kantor, kampus atau sekolah.
* Setiap pagi, sesampainya Anda di kantor, lihat agenda mengenai jadwal kegiatan kamu di hari itu.

Nah, bagaimana, cukup bermanfaat? Jangan lupa tulis komentarmu ya. Selamat bersenang-senang & menjalani kehidupan sehat!
Thanks to hers magz, jessica hanafi, divine kids, abbasoft.

(Silakan mendownload game-game di atas, setelah itu diekstrak. Untuk eiditic, davinci dan mnemonic games, setelah mengklik file .exe silakan tunggu sebentar hingga tombol "CANCEL" aktif. Klik setelah tombol aktif untuk memulai permainan.)

* sin·drom n himpunan gejala atau tanda yg terjadi serentak (muncul bersama-sama) dan menandai ketidaknormalan tertentu; hal-hal (spt emosi atau tindakan) yg biasanya secara bersama-sama membentuk pola yg dapat diidentifikasi (kamus besar Bahasa Indonesia)

(petoe!)

[+/-] Selengkapnya...

Ciput: Gempa

Kamis, September 3

Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter di Tasikmalaya lalu ternyata tidak hanya menelan korban di Tasikmalaya dan sekitarnya bahkan sampai jauh ke Jakarta. Ini adalah salah satu kisah korban gempa tersebut...

strip comic,komik strip,ciput,gempa,earthquake,dreaming

[+/-] Selengkapnya...

SAHABAT Jala

KOPI PANAS Jala

BEHIND Jala

Foto saya
menjala hati, menjelajah dunia dalam dunia -Andreas & Petrus-

  © Blogger template Techie by Ourblogtemplates.com 2008, edit by PeToe! 2009

Back to TOP