Short Term Memory Loss Syndrome

Minggu, September 6

Judul di atas keren ya? Pakai bahasa Inggris, dengan rasa ilmiah! Padahal itu nama sejenis penyakit/sindrom* yang menghinggapi kebanyakan orang lanjut usia. Hmm, tapi itu itu dulu. Di jaman yang serba instan, cepat, padat & sibuk 2x24 jam seperti sekarang, sindrom ini ternyata sudah meluas ke jenjang usia yang lebih muda. Tak terkecuali saya. Meskipun tidak parah, tetapi kadang sindrom yang bahasa gampangnya; cepat lupa atau lupa sesaat ini jadi mengkhawatirkan dan membuat malu! Coba bayangkan, atau mungkin kamu pernah mengalami saat lupa nama seseorang apalagi ketika berpapasan & ditegur oleh dia. Atau pagi-pagi ketika hendak beraktivitas, kamu lupa tadi sudah sikat gigi atau belum. Mungkin juga lupa syair lagu padahal sudah pegang gitar dan ujung tenggorokan sudah gatal mau nyanyi. Persis seperti lagunya Band Kuburan "Lupa-Lupa Ingat"! Kalau satu dua kali lupa seperti ini mungkin tidak mengkhawatirkan. Tapi kalau seringkali...cape deeh!

Sebenarnya lupa sesaat ini tergolong wajar menghinggapi orang muda apalagi orang tua karena sindrom lupa sesaat berbeda dengan pikun, namun jika kita tidak melatih 'stamina' otak kita, bukan tidak mungkin penyakit ini menjadi bertambah parah hingga tingkat pikun. Jadi sindrom ini tidak ada hubungannya dengan usia. Tapi... bisa juga sebenarnya kamu tidak mengidap sindrom lupa sesaat melainkan karena kamu memang kurang atau tidak memperhatikan suatu obyek/hal. Lebih jelasnya begini, ketika kamu sibuk pada suatu hal penting, fokus dan konsentrasimu tentunya lebih banyak tertuju pada hal penting yang kamu kerjakan tersebut sehingga hal-hal lainnya menjadi kurang kamu pedulikan dan resapi.

charicature,karikatur,distraction
Ada 2 tahap atau syarat agar sebuah informasi dapat terdeteksi dan tersimpan dengan sempurna di dalam otak. Tahap pertama adalah informasi itu terakomodasi dengan fokus dan perhatian yang cukup. Tahap kedua, sedikitnya 2 syaraf indera berfungsi dengan baik. Nah, kejadian sering lupa bisa saja disebabkan karena kamu kurang menangkap informasinya. Sebagai contoh, kamu mendengar orang lain mengatakan sesuatu tapi kamu tidak mendengarkan perkataan orang itu dan tidak memasukkan informasi tersebut ke dalam memori yang terdapat di dalam otak. See but not watching. Hear but not listening. Know but not known.

Beberapa Penyebab

Ada beberapa penyebab meningkatnya penderita sindrom lupa sesaat ini, antara lain

a. Faktor beban kerja yang tinggi.
b. Teknologi yang semakin canggih yang cenderung membuat orang malas memakai otot dan otaknya dengan maksimal. Pernah nonton film animasi "Wall-E"? Nah, kira-kira kayak gitu deh.
c. Adanya gangguan peredaran darah ke otak yang menyebabkan menurunnya daya ingat.

Menurunnya daya ingat seseorang bisa terjadi dikarenakan 2 hal yaitu:

a. Faktor trauma seperti kecelakaan yang menyebabkan kepala anda terbentur keras.
b. Faktor non trauma seperti keracunan (makanan & obat), narkoba, dan penyakit.

Upaya Pencegahan

Ah, bukan Jalahati kalau tidak memberikan solusi buat masalahmu. Ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan secara teratur untuk mencegah menurunnya daya ingat...
a. Teraturkan pola makan kamu dan sebisa mungkin hindari makanan instan atau junkfood. Selain minim gizi, rendah serat, dan tinggi kandungan lemaknya, makanan jenis ini juga hanya meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuhmu. Akibatnya, pada pembuluh darah timbul plak yang akan menghambat jalannya darah ke pembuluh otak. Hal ini menimbulkan kondisi di mana pasokan nutrisi ke otak menjadi berkurang, sementara aktivitas otak dituntut untuk bekerja lebih keras. Jadi, makanlah makanan yang mengandung nutrisi sehat dan cukup gizi.
b. Mulailah berolahraga secara teratur. Setidaknya jalan kaki 30 menit setiap hari.
c. Sering-sering asah otak. Main catur, mengisi Teka-Teki Silang, menghapal 2 bait puisi, dan lain-lain.
d. Kalau kamu senang main games, cobalah beberapa freegames yang bisa kamu download di bawah ini (bebas virus & spam):

* games tebak kartu dari divine kids pelopor game indonesia.
* eiditic games untuk melatih ingatan akan gambar, warna, posisi dan pasangan suatu obyek.
* davinci games untuk melatih mata & ingatan kamu akan posisi & bentuk obyek abstrak. Kamu bisa atur tingkat kesulitannya.
* mnemonic games merupakan permainan matematika kata-kata, sequen untuk mengasah kecerdasanmu. Kalau lulus, bukan tidak mungkin kamu bisa menghapal 15 digit nomor dengan sekali lihat!

Lalu, bagaimana mengatasi sindrom ini dalam kegiatan sehari-hari? Hmm, coba tips ini.

* Bawalah atau sediakan post-it di meja untuk menuliskan tugas-tugas penting ketika tugas itu didelegasikan kepadamu, dan tempelkan di tempat yang langsung terlihat oleh matamu.
* Gunakan fasilitas outlook pada komputer sebagai reminder untuk jadwal meeting dan deadline kamu.
* Sebelum terlelap di malam hari, sempatkan diri membaca kembali inbox message pada handphone untuk mengecek apakah ada pesan penting menyangkut pekerjaan.
* Persiapkan pada malam sebelumnya semua hal yang akan anda bawa esok hari ke kantor, kampus atau sekolah.
* Setiap pagi, sesampainya Anda di kantor, lihat agenda mengenai jadwal kegiatan kamu di hari itu.

Nah, bagaimana, cukup bermanfaat? Jangan lupa tulis komentarmu ya. Selamat bersenang-senang & menjalani kehidupan sehat!
Thanks to hers magz, jessica hanafi, divine kids, abbasoft.

(Silakan mendownload game-game di atas, setelah itu diekstrak. Untuk eiditic, davinci dan mnemonic games, setelah mengklik file .exe silakan tunggu sebentar hingga tombol "CANCEL" aktif. Klik setelah tombol aktif untuk memulai permainan.)

* sin·drom n himpunan gejala atau tanda yg terjadi serentak (muncul bersama-sama) dan menandai ketidaknormalan tertentu; hal-hal (spt emosi atau tindakan) yg biasanya secara bersama-sama membentuk pola yg dapat diidentifikasi (kamus besar Bahasa Indonesia)

(petoe!)



Artikel yang berkaitan



1 komentar:

gunn 16:20  

persis seperti yg saya alami.
dan yg paling konyol, pernah suatu ketika mau wudhu, tiba2 saya lupa gimana urutan2nya (astaghfirullah.., parah, padahal tiap hari itu dikerjakan).
ada jg yg gak kalah konyol,
waktu dulu saya ngekos (tinggal di kamar atas),
ketika mau brangkat ke kantor, saya turun mau ambil motor, sesampainya di motor baru sadar bahwa kunci motornya tertinggal,
lalu saya naik lg ke atas, sesampainya di motor lg, ternyata helm saya tertinggal,
kmudian naik ke atas lg,
akhirnya, dan sampainya di motor lg,
saya cm bisa senyum kesal, ternyata kunci kamar saya yg kini ketinggalan.

Posting Komentar

Menurutmu, bagaimana postingan di atas? Silakan beri komentar terbaikmu but NO SPAM please. Thx.

SAHABAT Jala

KOPI PANAS Jala

BEHIND Jala

Foto saya
menjala hati, menjelajah dunia dalam dunia -Andreas & Petrus-

  © Blogger template Techie by Ourblogtemplates.com 2008, edit by PeToe! 2009

Back to TOP