Ketika Ulang Tahun

Jumat, September 18

Setiap tahun saat tanggal kelahiran Anda tiba, apa yang terjadi? Ada kombinasi yang aneh. Salah satu sisi bersyukur masih diberi hidup, sisi lain kesadaran (kalau punya kesadaran lho!) bahwa jatah waktu hidup kian berkurang. Makin berpengalaman seseorang, makin berkurang kesempatan hidup. Semua pengalaman berharga itu ditebus dengan ongkos termahal, yakni waktu.

Dulu (dulu banget), umur manusia rata-rata tinggi. Bisa mencapai usia lebih dari seabad adalah biasa. Terus merosot turun pencapaian rata-rata umur manusia dalam interval 10 tahun. Dari 120 tahun jadi 110, 100, 90, 80, 70, maksudnya, munkin saja sekarang masih ada orang yang capai umur di atas rata-rata, tapi umumnya sekarang banyak ditemukan umur 60 saja banyak orang sudah reot, rentan, sakit-sakitan. Pernah ada ramalan nanti manusia disebut usia lanjut (manula) pada usia 40 tahun!

Menjadi tua berarti fungsi organ tubuh mulai merosot, kemampuan menurun, tapi biasanya nafsu dan keinginan bertambah, he he he he (nggak semua lho!) Saya banyak ketemu orang-orang tua yang membosankan, karena ngotot melihat banyak hal-hal dari sudut pandangannya sendiri berdasarkan pengalaman masa lalu. Tidak sadar waktu merubah situasi. Tapi saya lantas cepat memaaafkan mereka, karena Anda dan saya akan tumbuh menua, he he he he semoga kita tak jadi orang yang membosankan.

Seribu orang tua bermimpi masa depan, seorang muda merubah masa depan ( Ini kata-kata seorang filsuf Jerman yang namanya sengaja dirahasiakan) Ia katakan ini ketika putrinya memberinya seorang cucu. Ada kesadaran realita di sana, sekaligus bernada sendunya ketidakberdayaan insan hadapi waktu. Sehebat apapun manusia tak ada yang bisa melawan sang waktu. Keriput kulit dioperasi, ketuaan disiasati, tapi matahari tak bisa distop, Kita makin tua dan akan pasti mampus!

Tapi puncak kebijaksanaan manusia adalah berusaha dan berharap, jadi, bolehlah (dan memang sebaiknya) berusaha hidup sehat supaya panjang umur, Aneh juga, banyak orang ingin berumur panjang tapi malas disebut tua, he he he he Banyak sekali resep umur panjang. Beberapa resep itu saya ingatkan: jangan banyak stress dan kecemasan, konsumsi makanan dan sex secara sehat (ini relative lho). Terus cintailah humor. Empat hal ini terbukti banyak memperpanjang umur. Cara-cara atau kiat lain carilah sendiri.

Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa adalah pilihan. Ingat, satu tindakan lebih efektif dari seribu pemikiran. Bukan berarti pemikiran itu tiada guna, tapi umumnya orang kebanyakan mikir tapi kurang atau tak bertindak. Ketika kita ulang tahun tiba, inilah momen penting untuk berubah, ini adalah saatnya bertindak: jadi dewasa, minimal lebih dewasa (saya nggak ngguruin lho, Cuma ngajarin, he he he he…)

(andresuwarjo@yahoo.com)



Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Poskan Komentar

Menurutmu, bagaimana postingan di atas? Silakan beri komentar terbaikmu but NO SPAM please. Thx.

SAHABAT Jala

KOPI PANAS Jala

BEHIND Jala

Foto saya
menjala hati, menjelajah dunia dalam dunia -Andreas & Petrus-

  © Blogger template Techie by Ourblogtemplates.com 2008, edit by PeToe! 2009

Back to TOP