09 September 2009

Klenik

Ada teman pernah nanya apakah saya percaya pada santet? Saya jawab ya, saya percaya.
Sebagai pengalaman pribadi mungkin tidak terlalu nyata, tapi sebagai pengalaman orang-orang sekitar jadi fakta adanya santet. Artinya mungkin juga saya pernah disantet, tapi karena hobiku tertawa santetnya mental, ha ha ha ha. Konon orang yang lucu atau suka melucu, juga banyak ketawa sulit disantet.
illustration, klenik, santet, supernatural
Teman lain tanya pernahkah saya lihat hantu? Sering, jawabku. Ketika orang2 cemberut (mungkin kekurangan duit atau nafsu tak tersalur) nampak olehku sebagai hantu! Kalau soal jin, setan, gendruwo, thuyul, kuntilanak, pocong aku percaya, tapi aku tak berminat membuktikan atau mempelajarinya, kurang kerjaan aja, he he he he. Saya pasti bukan ahli dalam soal-soal ini!

Terus, kalau soal muja atau pesugihan gimana? Ya itu jelas-jelas ada, walau aku tidak bisa kasih bukti. Bahkan kuasa kegelapan tidak hanya untuk cari harta, tapi juga jabatan, pengaruh, kemenangan, dan juga memikat lawan jenis, menyiksa, membunuh, menghancurkan. Itu sering disebut black magic, walau aku bingung bedakan keduanya. Kalau ada ilmu hitam berarti ada ilmu putih…. Yang abu-abu (grey magic) ada nggak ya?

Yang pasti, dunia roh, dunia yang tak kelihatan itu ada. Ini soal pilihan, di jaman susah seperti sekarang banyak orang terjerat kuasa kegelapan. Cari jalan pintas beresiko tinggi. Sembari menyadari semua itu ada, kita mestinya tidak masuk dalam lingkaran itu. Jika kita, atau keluarga dan teman dikirimi hal-hal yang mistik, tidak usah disangkal tapi juga jangan dibesar-besarkan, nanti kita makin dalam dalam lingkaran setan itu. Makin mempercayainya makin kuatlah kuasa gelap itu. Asalkan kita berkehendak baik pasti bisa diatasi. Jangan menantang, jangan sombong, tenanglah. Berdoa dan percaya.

Yang terjadi adalah yang Anda percayai, kalau Anda percaya bahwa magic akan menang ya memang akan menang, begitu pula jika Anda percaya Anda yang menang, ya Anda akan menang.

Hidup ini ibarat banyak lingkaran. Misalnya gini, walau facebook atau yahoo itu terbukti ada (walau di dunia maya) tapi kalau kita tidak sign up, tidak daftar (registrasi) ya kita tidak akan masuk lingkarannya. Black magic ada tapi boleh saja kita pilih tak masuk lingkaran magic itu. Hadapi kenyataan itu ada, tapi kalah atau menang tergantung sikap dalam menanggapi lingkaran gelap itu.

Jadi, saya tidak bermaksud meremehkan persoalan atau tidak percaya klenik, tapi saya memilih mengandalkan Raja Semesta Alam yang telah mengalahkan musuh terbesar yaitu maut. Yang datang dalam Roh dan kebenaran.
Setiap agama mengandung mistis. Tanpa itu agama ambruk. Semuanya saya pelajari tidak hanya dengan logika, tapi dengan hati, jiwa dan ruh saya. Tuhan itu Maha mistis yang tidak sama dengan klenik.


(andresuwarjo@yahoo.com)

1 komentar:

Rizkyzone mengatakan...

pertamax...

menurut sepengetahuan ku, santet tidak bisa nyentuk mangsanya, kalau mangsanya tidur d lantai, tanaman anti black magig tebu jawa (tebu agung), palm merah, kalau ada yg mo nambahkan monggo.