N O T H I N G

Senin, Februari 18


 

Pemimpin2 agama yang wafat umumnya meninggalkan banyak warisan:: ajaran yang menjalar luas melembaga, harta, wilayah kekuasaan, pengaruh besar kehidupan, tempat2 ibadah plus seabreg legenda. Kemasyhuran, kekaguman.

Ketika Yesus meninggal apa yang Dia wariskan? WarisanNya adalah nothing!

Nama baik nggak punya, harta kagak ada… wilayah mana punya? Lembaga boro-boro..  Kekuasaan jelas nggak ada, murid2nya lari ketakutan, pengecut situasionil… ajaranNya dianggap  ngaco dan sesat… Praktis Yesus cuma kaderisasi para murid 3 tahun doank…itupun nggak mulus: Yudas Iskariot politikus (merangkap pedagang) mengkhianati Beliau. Petrus yang sok jago menyangkalNya 3 kali… Thomas budak logika nggak kompak sama murid2 lain…Yesus  Tuhan itu mengalami “kegagalan” sebagai guru.

Pembunuhan berencana terhadap Yesus cukup demokratis (salah satu ciri demokrasi kan suara terbanyak yang dipakai). Massa yang minggu sebelumnya memuja dan mengelu-elukan Beliau, hari jumat itu berteriak minta Beliau dihukum mati.  Ini pengadilan yang paling aneh. Sebenarnya gambar salib yang kita kenal selama ini diperhalus karena alasan etika. Hukuman salib waktu itu dianggap hukuman paling top: paling ngeri, paling memalukan. Sengaja Yesus ditelanjangi (bulat2), disalib di tempat strategis supaya banyak dilihat orang, tujuannya pembunuhan karakter sekaligus pembunuhan fisik.

Apes bener si Yesus Kristus ini… tambah parahnya lagi setelah itu pengikutNya tercerai-berai nggak karuan. Pengikut Kristus yang disebut Kristen beriman dan beribadah secara sembunyi2 karena dianggap sesat dan dianiaya. Ajaran Kristen dilarang. Umat Kristen diburu, disiksa, dibunuh. Periode mengenaskan ini berlangsung 313 tahun setelah kematian Yesus…

Parah, kan? Tapi ajaib!  Yesus yang nothing menjadi everything bagi banyak orang, tak terhitung jumlahnya…  Petrus (si batukarang gelarnya) yang pernah menyangkalNya jadi Paus pertama yang memimpin gereja katolik. Yesus mewariskan roh (spirit) dengan karyaNya mula-mula seolah serba nggak jelas, tapi menjadi jelas sekarang bagi pengikutnya. Yesus mewariskan gereja. Murid-murid lainpun menjadi ikon ajaran kasih. Umat bertumbuh diawali dan berdasarkan iman para rasul. Yesus juga mewariskan ibuNya (sebagai Bunda umat, Bunda Gereja) pribadi yang secara paling total mendampingi sampai titik maut dengan setia dan tegar.

Gereja Katolik umurnya sudah 2013 tahun… (begitu lama waktu yang diperlukan untuk sebuah agama menjadi “dewasa” dalam peradaban), jadi bisa dimaklumi bila ada “ketidakdewasaan” agama yang umurnya dibawah 20 abad.  Ada masa-masa kegelapan  serta kebobrokan manusia menghiasai perjalanan gereja katolik, karena faktor situasi atau manusianya, tapi otoritas gereja ditegakkan bukan berdasarkan kuantitas, kualitas serta  kekuatan manusia, melainkan oleh kuat kuasaNya. Kebangkitan Yesus dari kematian. Gereja Katolik masih akan terus dihina, tapi tetap berjalan penuh iman, harapan dan cinta. Gereja Katolik ini bertahan sampai sekarang walau dulunya nothing.!

[+/-] Selengkapnya...

SAHABAT Jala

KOPI PANAS Jala

BEHIND Jala

Foto saya
menjala hati, menjelajah dunia dalam dunia -Andreas & Petrus-

  © Blogger template Techie by Ourblogtemplates.com 2008, edit by PeToe! 2009

Back to TOP